Tak Berkategori
Trending

Wabup Nias Barat: Musrenbang Ini Solusi Membahas Issu Strategis & Menjawab Setiap Permasalahan

Nias Barat, Newssuaraindependent.id
Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Lahömi Tahun 2021 yang dilaksanakan bertempat di balai pertemuan kantor Camat Lahömi, yang dibuka secara resmi Wakil Bupati (Wabup) Nias Barat Khenoki Waruwu dan didampingi oleh Asisten II Yupiter Hia, S.IP.,MM, Ka. BPBD Drs. Filifo Daeli,MH, Sekretaris Bappeda Sonifati Zebua, S.Pd dan Camat Lahömi Kharasi Daeli, S.Sos.,MM serta Kabid. Perencanaan Bappeda Nias Barat Menanti Daeli, S.IP. Selasa (11/02).

Dalam laporannya Camat Lahömi Kharasi Daeli, S.Sos.,MM yang menyampaikan profil kecamatan Lahömi serta gambaran umum kebutuhan prioritas sesuai hasil musrenbangdes yang hari ini dapat dirumuskan melalui pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan Lahömi, ucap Kharasi Daeli.

Sementara Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua menyampaikan bahwa target dan sasaran pembangunan Nias Barat tahun 2021 merupakan pedoman kita dalam musrenbang hari ini tentu sesuai dengan visi/misi bupati dan wakil bupati Nias Barat.

Kita berharap ada sinkronisasi dan sinergi yang tidak saling tumpa-tindih, namun harus kita catat bahwa visi/misi bupati & wakil bupati Nias Barat harus diwujudkan yakni pembangunan dari Kabupatèn ke Kecamatan, Kecamatan ke Kecamatan dan Kecamatan ke masing-masing desa, kecuali peumbangunan sektor lain di bidang kesehatan dan pendidikan serta sektor-sektor lain. Kita juga harus memprioritaskan pembangunan ekonomi produktif untuk menjawab daya beli masyarakat, harap Ketua DPRD.

Wakil bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dalam arahannya menyampaikan bahwa Musrenbang kali ini dihadiri oleh segenap para tokoh yang memiliki program baru dan harapan yang baru, Musrenbang ini merupakan agenda rutin kita yang merupakan tahapan dalam proses pembangunan daerah yang didasari oleh Undang-Undang nomor 25 Tahun 2004 yang perlu penanjaman, klasifikasi dan usulan kegiatan pembangunan desa yang di integrasikan pada pembangunan kecamatan dan kabupaten.

Dikatakannya musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) ini adalah wadah partisipasi masyarakat untuk memberikan masukan dan menyelaraskan pembangunan antar wilayah.

Maka dari itu saya meminta apa yang akan dituangkan dalam dokumen perencanaan nantinya bukan dalam konteks keinginan atau ego sektoral tetapi berdasarkan karena kebutuhan, diharapkan kepada stakeholder untuk berkontribusi dengan mengesampingkan ego-sektoral tetapi fokus pada skala prioritas.

Musrenbang kali ini merupakan musrenbang terakhir pada periode kepemimpinan kami, untuk itu melalui Musrenbang ini kita dapat membahas issu-issu strategis dan menjawab setiap permasalahan yang ada papar Wabup Nias Barat.
Acara tersebut turut dihadiri juga Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua, Anggota DPRD dari Fraksi PDIP Fatohu Hia, A.Md, Anggota DPRD dari Fraksi NasDem Si’ado Zai, SE.,MM dan Perdamaian F. Daeli, SH, Anggota DPRD dari Fraksi Golkar Nobis Daeli, S.Sos. Musrenbang kali ini disamping dihadiri oleh lima orang anggota DPRD asal pemilihan Dapil 1, hadir juga para tokoh masyarakat Kecamatan Lahömi, para Kepala Desa dan unsur Muspika lainnya diantaranya Kepala Sekolah se-Kec. Lahömi dan Kepala unit Kantor se-Kec. Lahömi. (FL/Aa Wahyu).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close