Tak Berkategori
Trending

PARTISIPASI WARGA UNTUK PEMUTUSAN MATA RANTAI COVID19 WABAH VIRUS CORONA


Kota Jambi, suaraindependent.id_ Pagi Minggu 29, Maret, 2020, dilanggar (mesjid) Miftahul Jannah RT 29 Kelurahan Talang Banjar Kecamatan Jambi Timur, sebagai posko penanggulangan covid 19 di lingkungan RT secara swadaya. Masyarakat melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri menggunakan alat yg sederhana (biasa untuk penyerempotan hama).
Kegiatan disinfektan pagi ini dipimpin langsung oleh ketua RT 29 Subandi,Spd, di dampingi oleh Kepala Kelurahan Talang Banjar.Lufi Ardian S.Kom, atas instruksi dari Ibu Camat Jambi Timur Rieke Varadien SE, dan meneruskan himbauan Bapak Walikota Jambi DR.Syarief Fasya ME, Untuk kita bersama-sama berpartisipasi memutuskan mata rantai virus Corona ini.


Kegiatan yang dilakukan secara bergotong royong tadi dibantu oleh Ketua dan pengurus RT, Langgar, serta pemuda dan warga RT 29, penyemprotan dari pukul. 8:00 WIB Hinggan pukul. 11:25 WIB yang menjadi prioritas disinfektan tempat Ibadah (Langgar Miftahul Jannah), semua rumah masyarakat, serta tempat pendidikan (TK Sri Budi) dan jalan lingkungan di semua wilayah RT 29.

Semua biaya operasional yang kami gunakan murni dari uang masyarakat langsung yang antusias menyumbang untuk kegiatan yang insyaallah kami lakukan 3 hari atau seminggu sekali guna mendukung program pemerintah, terlebih pemerintah Kota Jambi. Salah satu warga Sugiono mengatakan penyemprotan ini sebagai edukasi langsung yang dimengerti tentang bahayanya covid 19 ini. Sambil kami menyemprotan disinfektan tadi kami juga membacakan himbauan atau pemberian education untuk masyarakat agar masyarakat bisa hidup bersih dan sehat.

Adapun himbauan yang kami sampaikan diantara nya:
1.Selalu menjaga kebersihan (gerakan masyarakat hidup bersih)
2.Tidak keluyuran dan keluar rumah, jika itu penting untuk keluar rumah harus menggunakan masker (APD), jaga jarak bicara minimal 1 meter, harus rajin mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik (hand sanitizer).
3. Untuk tidak kumpul lebih dari 5 orang dan menghentikan sementara yang sifatnya mengumpulkan masyarakat seperti olahraga volly, bola kaki dll.
4.Menunda sementara acara seperti hajatan pesta.
5.Memantau dan mendata warga yang baru datang dari luar daerah,terutama yg terindikasi virus Corona baik ODP maupun PDP.
6.Melakukan penyerempotan secara mandiri dirumah masing-masing dengan cara sederhana menggunakan alat yang ada.
7.Hindarin berjabat tangan langsung dengan orang lain,cukup dengan isyarat tangan di dada.
8.Jangan mudah percaya dan menyebar kan berita (hoax) yang belum tentu kebenarannya kepada orang lain,baik secara langsung maupun melalui media sosial (WA,FB Twitter dll)
9.Jangan panik,tetap jaga kesehatan dan patuhi himbauan Pemerintah.
10.Kurangin ketempat keramaian seperti Mall,Pasar,terminal,dan tempat hiburan.
11.Tingkatkan ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa(Allah SWT) dengan menambah ibadah dan memperbanyak berdoa semoga wabah virus Corona covid 19 ini cepat hilang dan musnah dari negara kita kesatuan Republik Indonesia.

Semua himbauan yang diatas tadi, berulang ulang kali kami sampaikan kemasyarakat dengan menggunakan pengeras suara (TOA) dan membagikan selebaran selebaran tentang himbauan dan pengeducation bagaimana cara pemutusan dan pencegahan virus Corona atau covid19, dan apa saja yg baik dilakukan selama program pemerintah Nasional ini untuk memutus mata rantai virus yang berbahaya ini. (ferrysyono.NSIjambi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close