HUKUM & HAM

Pada HUT Kemri KE-74 Teks Proklamasi Dibacakan Oleh Ketua DPRD Kota Gunungsitoli

Gunungsitoli, Newssuaraindependent.id

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua, ebelum Pengibaran bendera, Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Herman Jaya Harefa, S.Pd.K terlebih dahulu membacakan Teks Proklamasi. Selanjutnya, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) beraksi mengambil alih suasana dengan sigap dan tegap melaksanakan tugasnya untuk mengibarkan bendera merah putih hingga ke puncak tiang paling tinggi dengan disaksikan ribuan pasang mata. Para anggota PASKIBRAKA merupakan putera puteri terbaik Kota Gunungsitoli yang berasal dari seluruh SMA/SMK/MA-sederajat di Kota Gunungsitoli yang berjumlah 34 orang, dengan Komandan Pleton, Elvin Zebua siswa SMA Swasta Santu Xaverius Gunungsitoli. Sabtu (17 Agustus 2019).

Walikota Gunungsitoli menyerahkan langsung bendera merah putih dengan khidmat kepada pembawa baki, Niceh Christiani Hulu, siswi SMA Swasta Pembda I Gunungsitoli. Penaikan Bendera pada Upacara detik-detik proklamasi terlaksana dengan baik tepatnya saat bendera terbentang sempurna oleh Roy Nobuala Nazara, siswa SMA Swasta Pembda 1 Gunungsitoli bersama dengan penarik bendera, Agus Putra Utama Ziliwu, siswa SMK Negeri 1 Gunungsitoli Utara dan Pembawa Bendera, Sanuria Harefa, siswi SMA Negeri 3 Gunungsitoli, dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh Paduan Suara dari SMU Unggulan Sukma Nias dan penghormatan dipimpin oleh Komandan Upacara yaitu Danramil 01/Gunungsitoli, Kapten Inf. Yustinus Waruwu dan Perwira Upacara Pasi Pers Kodim 0213 Nias, Lettu Inf. Foarota Zebua.

Usai upacara, Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli bersama segenap Unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli dan pejabat lainnya ikut turun ke tengah lapangan untuk ikut maena bersama dengan seluruh peserta upacara.

Upacara turut dimeriahkan oleh penampilan tarian kolosal yang dibawakan oleh lebih kurang 300 pelajar SMA/SMK-sederajat se-Kota Gunungsitoli, disertai bermacam atraksi lainnya dari sekolah-sekolah se-Kota Gunungsitoli.

Upacara ini juga dihadiri oleh Ketua TP.PKK Kota Gunungsitoli dan Wakil Ketua TP.PKK Kota Gunungsitoli bersama jajarannya, Ketua DWP Kota Gunungsitoli, Ketua Persit Kartika Candrakirana Kodim 0213 Nias, para Camat dan Lurah se-Kota Gunungsitoli, Pimpinan Perguruan Tinggi dan segenap Kepala Sekolah/Kepala Madrasah se-Kota Gunungsitoli, TNI/Polri dan ASN. (FZ/AA Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close