Tak Berkategori

KAPOLSEK SUKARAJA AKP PENGKI RIZWAN TINJAU RUMAH DAN MUSHOLLAH YANG RUSAK AKIBAT LONGSOR

Tasikmalaya-Suaraindependent.id.

Bencana alam longsor tanah tersebut terjadi pada hari jumat (29/06/2020) sekitar pukul 21 : 30 WIB, TKP Kampung Cilenjang Rt 022 Rw 009 Desa Sirnajaya Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya, telah terjadi Bencana Alam Tanah longsor yang mengakibatkan 2 rumah dan 1 Sarana keagaman (Mushola) rusak berat dan sedang.

Diperkirakan kejadian sekitar pukul 21 : 30 WIB sewaktu pemilik rumah (Endin) sedang berada dirumah bersama keluarga tiba-tiba ada suara gemuruh dan merasakan adanya penggeseran tanah, lalu Endin bersama keluarga keluar rumah dan bergegas kerumah neneknya Nengsih kemudian bersam-sama berlari menyelamatkan diri ketempat yang lebih aman serta memberitahukan kepada warga masyarakat sekitar, atas kejadian tidak ditemukan adanya korban jiwa, berat maupun luka ringan akan tetapi rumah milik Nengsih kategori Non permanen ukuran 4×6 ambruk/ Rusak Berat dan terbawa oleh longsoran tanah dengan taksiran kerugian Rp 37.000.000,- ( Tiga puluh lima juta rupiah).
Lalu rumah milik Endin Bin Uhin ( Alm) kategori Semi Permanen ukuran 6×8 rusak sedang dengan taksiran kerugian Rp15.000.000,- ( Lima belas juta rupiah), dan Sarana keagamaan/ Mushollah Permanen 4×6 rusak berat/ambruk dengan taksiran kerugian Rp 50.000.000,-
Hasil pendataan dilapangan oleh muspika dan tim relawan ada 11 rumah/KK yang terdampak disarankan untuk meninggalkan rumah dan domisili terlebih dahulu disanak saudara sebelum status pemantauan zona aman.

Secara simbolis muspika Sukaraja memberikan bantuan berupa beras dengan tujuan untuk membantu meringankan beban tanggungan terhadap korban bencana alam tanah longsor.
Bencana alam longsoran/pergeseran tanah yang menimpa rumah dan Mushollah di akibatkan turunnya intensitas curah hujan sangat tinggi dari siang hari hingga malam sehingga struktur tanah labil dan terjadi penggeseran tanah.

Adapun langkah yang dilakukan oleh Kapolsek Sukaraja AKP Pengki Rizwan setelah menerima laporan dari warga masyarakat lalu mendatangi TKP berkoordinasi dengan Muspika, BPBD untuk evakuasi membersihkan material rumah barang masih berharga.
AKP Pengki menghimbau kepada warga masyarakat agar selalu waspada mengingat musim penghujan tiba dan curah hujan tidak menentu sehingga struktur tanah masih labil dan dikhwatirkan akan terjadi lagi longsor.

Dalam tinjauan tersebut hadir pula Camat Sukaraja H.E. Agus Muslim S.P.d.,M.S.i, Kapolsek AKP Pengki Rizwan, Danramil 1214 Sukaraja wakili Serda Maskur, Kapus H.Memed S.Km ners.) Ketua BPBD Sukaraja Asep K, Anggota Ansor Reza, Kepala Desa Sirnajaya Jajang Muharam S.Hi, Para Kadus, Rt, Rw dan warga masyarakat.

Pewarta : Abucek
Ka PerWil JaBar.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close