Tak Berkategori

KAPOLSEK SUKARAJA AKP PENGKI RIZWAN PIMPIN PEMBERSIHAN LONGSORAN TANAH YANG MENUTUPI JALAN

Tasikmalaya-Suaraindependent.id.

Pada hari Jumat tanggal 19 Juni 2020 sekitar pukul 01 : 47 WIB dijalan Raya Karangnunggal tepat di kilometer 19, Desa Sirnajaya Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya, terjadi bencana alam tanah longsor dari tebing yang mengakibatkan material longsoran tanah menimpa/menutup badan jalan sekitar 7 meter, dengan ketinggian longsoran sekitar 30 meter dari tebing pinggir jalan dan lebar longsoran sekitar 20 meter.

Dimana kejadian tersebut disaksikan oleh 3 orang warga masyarakat sekitar, diantaranya yaitu : Didi,
Usia 70 Tahun,
Pekerjaan Wirswasta,
Alamat Kampung Parungkadongdong Rt 006 Rw 003 Desa Sirnajaya Kecamatan Sukaraja, Yusup,
Usia 66 Tahun,
Pekerjaan Wiraswasta,
Alamat Kampung Parungkadongdong Rt 006 Rw 003 Desa Sirnajaya Kecamatan Sukaraja dan Andri,
Usia 28 Tahun,
Pekerjaan Buruh,
Alamat Kampung Parungkadongdong Rt 006 Rw 003 Desa Sirnajaya Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya,
Yang mana keterangan saksi kejadian sewaktu Didi sedang tidur didalam rumahnya tiba-tiba kedengaran suara bergemuruh samping kiri rumah sebelah atas jalan raya Karangnunggal, lalu saksi keluar rumah melihat material tanah disertai air dan robohnya pagar rumah, atas kejadian tersebut saksi bergegas ke saudaranya Yusup menceritakan bahwa dipagar dan halaman rumahnya ada longsoran tanah, lalu Didi dan Yusup menuju ke Jalan Raya Karangnunggal dan melihat ada longsoran yang menutupi badan jalan sehingga saat itu jalan tidak bisa di lewati baik pengguna pejalan kaki mapun kendaraan Roda 4 dan Roda 2, terjadinya longsoran diakibatkan oleh intensitas curah hujan sangat lebat sepanjang malam hari, dalam kejadian tersebut tidak diketemukan adanya korban jiwa, luka berat maupun luka ringan akan tetapi pagar rumah milik Didi mengalami kerusakan/roboh ditaksir Didi mengalami kerugian 3.500.0000,_(Tiga juta lima ratus ribu rupiah).

Kepolisian Polsek sukaraja melakukan langkah-langkah setelah menerima laporan, Mendatangi TKP, Mengatur arus lalin, Pemasangan rambu-rambu lalin, Koordinasi dengan Muspika, Koordinasi dengan BPBD, Koordinasi dengan dinas PU untuk mendatangkan alat berat.
Sebelum datang alat berat dilokasi kapolsek sukaraja memimpin secara manual dengan alat seadanya bersama koramil sukaraja, relawan BPBD, Dalmas dan Lantas Polres juga warga masyarakat membersihkan lomgsoran tanah.
Setelah datang alat berat dilokasi Evakuasi membersihkan jalan dari material longsoran oleh dinas PU Kabupaten Tasikmalaya dengan menggunakan 1 unit alat berat jenis Kobelco dan 1 unit kendaraan Roda 4, Mesin Senso dan alat lainnya, dibantu para relawan TNI/ Polri, BPBD dan warga masyrakat sekitar.

Kapolsek sukaraja AKP Pengki Rizwan Memberikan himbauan kepada pengguna jalan dan warga masyarakat agar untuk berhati-hati melewati jalan tersebut dikarenakan masih adanya kelabilan struktur tanah paska longsor dan melaporkan ke satuan atas.

Dalam kesempatan itu Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesman,S.I.k,. M.Si, meninjau secara langsung TKP bencana alam untuk lakukan pengecekan dan pengendalaian terhadap anggota kepolisian dan para relawan dalam upaya evakusi longsoran tersebut, turut hadir Kabag Ops Akp Cucu Juhana, Danramil 1214 Sukaraja Mayor Inf Iwan S, Kapolsek Sukaraja AKP Pengki Rizwan, Ps.Kasat lantas Iptu Engkos kosasih, KBO Satlantas Iptu Tono suherman, kanit Turwali Yidi SH, Kabid Dishub kabupaten Tasikmalaya Sana Andrina, kabid kedarutana BPBD H.Irwan, kabid rantimbum pol Pp kabupaten Tasikmalaya Dindin, Kasat Gas Covid 19 H. Aceng Bastari S.Kep Ners, Sat Dalmas 2 peleton dengan jumlah keseluruhan 95 orang relawan.

Tepat Pukul 10 : 17 WIB Jalan Raya Karangnunggal penghubung Kecamatan Sukaraja-Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya sudah dapat dilalui oleh pengguna jalan baik roda 4 maupun roda 2 dengan mendapat pengatur lalulintas dari Satlantas Polres Tasikmalaya.

Pewarta Abucek
Ka PerWil JaBar.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close