Tak Berkategori
Trending

Haru dan Bangga Bercampur Menyertai Suasana Upacara Penutupan Latihan PBN Angkatan ke-34 Unsil TA.2020

Tasikmalaya,newssuaraindependent.id-Usai dilaksanakan Pelatihan Pendidikan Bela Negara (PBN) Angkatan ke-34 untuk T.A 2019/2020, Universitas Negeri Siliwangi adakan Upacara Penutupan yang dilaksanakan di lapangan Upacara Univ. Siliwangi Kota Tasikmalaya, pada Sabtu (1/2/2020).

Yang hadir saat itu, bertindak sebagai Inspektur Upacara Warek III Unsil (Prof. Dr. H. Budi Rahmat, Ir., MS) Komandan upacara Sdri. Uli (Siswa PBN Unsil), Perwira upacara Sdri. Rizki ihlami (Siswa PBN Unsil), dan pembaca doa M. Hafiz Alim (Siswa PBN Unsil), diikuti oleh 2.800 orang peserta PBN Unsil.

Menyertai Pelaksanaan Upacara Penutupan Latihan PBN tersebut terlihat semua diselimuti bangga dan haru ketika Amanat disampaikan Inspektur Upacara.

Inspektur Upacara (Prof. Dr. H. Budi Rahmat, Ir., MS) memaparkan pesan,” Setelah kita mendapatkan pengalaman dasar dari hasil Latihan Bela Negara ini, ia berharap para Mahasiswa sebagai pengganti generasi bangsa kedepan diperlukan sosok sosok generasi yang tangguh, lebih cerdas, Kreatif, Inopatif dan berdaya saing mengingat Indonesia adalah negara besar yang memiliki beragam kekayaan yang melimpah, yang harus dijaga, sebab hal ini akan menjadi arena persaingan kepentingan berbagai Negara luar, tuturnya.

Mahasiswa sebagai generasi muda merupakan tulang punggung Bangsa yang harus sadar akan berbagai tantangan bahkan ancaman sekalipun. Indonesia harus kuat dan tetap berdiri menjadi negara besar dan disegani Dunia, Itu semua adalah tanggung jawab generasi pengganti berikutnya, imbuh sang Profesor.

Tambahnya, Undang-Undang Dasar 1945 dan semboyan Bhineka Tunggal Ika, harus menjadi pondasi dasar yang kuat tertanam dalam jiwa-jiwa anak bangsa agar cita- cita jadi negara besar hingga dihargai bangsa lain di Dunia terwujud.

Segala potensi yang ada dan terkandung di bumi Indonesia bisa terjaga dan menjadi segenap kekayaan yang bisa dinikmati dan menjadi kekuatan Bangsa. Maka Mahasiswalah sebagai pengganti tulang punggung Bangsa ini, terhusus bagi sejumlah peserta Pelatihan Bela Negara Univ. Siliwangi yang bertanggung jawab, tandasnya.

Mengakhiri amanat ini atas nama Pimpinan Universitas Siliwangi kami ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya PBN ini, yang merupakan kerja sama Universitas Siliwangi dengan unsur TNI dan Polri yang ada di daerah, yaitu Kodim 0612/ Tasikmalaya, Brigif 13 Galuh, TNI Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, Polresta Tasikmalaya, dari internal UKM, KSR, matching band, pramuka dan lain-lain, kepada semua pelatih Pembina dari Kodim 0612, Brigif 13 Galuh, TNI AU dan Polresta Tasikmalaya atas dedikasinya melatih para mahasiswa Unsil sehingga mendapat bekal yang cukup dalam bela negara ini, semoga amal baik para pelatih atau Pembina dapat imbalan yang setimpal dari Allah SWT, pungkas Profesor.

Usai amanat dan ucapan terimakasih dari ispektur Uapacara , kemudian Acara diakhiri dengan kegiatan Devile Pasukan dari Kompi Kompi PBN. (Yat’s Kabiro Tasikmalaya).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close