Tak Berkategori

Dinas PUPR Kabupaten Tasikmalaya Sosialisasikan Program BSPS Didesa Sarimukti

Tasikmalaya-Suaraindependent.id_

Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) merupakan hajat dari pemerintah pusat untuk mensejahterakan masyarakat bagi yang berpenghasilan rendah dibawah UMR dan yang belum memiliki rumah tinggal layak huni.

Bertempat diaula Desa Sarimukti kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat pada hari rabu pagi tadi (8/07/2020) sekitar pukul 09 : 15 WIB Diselenggarakan kegiatan sosialisasi terhadap warga masyarakat yang mendapatkan program BSPS.

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya kades, sekdes, para kadus, Bhabinkamtibmas, Babinsa, BPD, MUI, Tokoh agama, Tokoh pemuda juga Tokoh masyarakat.

Rizky Fauzan selaku Tenaga Fasilitator Lapangan Dinas PUPR kabupaten Tasikmalaya menjelaskan bahwa persyaratan untuk mendapat program BSPS adalah
WNI yang sudah berkeluarga, Memiliki sebidang tanah dilengkapi dengan suratnya, Memiliki rumah tidak layak huni, Belum pernah mendapatkan bantuan BSPS,
Berpenghasilan dibawah UMR dan bersedia berswadaya.

Adapun anggaran yang turun dari pemerintah dalam bentuk material senilai 15 juta dan upah tenaga kerja sebesar 2,5 juta.

Sebelum itu tim terkait akan melakukan verifikasi, indentifikasi, atas permohonan yang diajukan lalu proses dan ditentukan berupa SK dari kementerian PUPR RI atau Dinas PUPR Kabupaten Tasikmalaya, paparnya.

Diany sebagai Koordinator Fasilitator Dinas PUPR Kabupaten Tasikmalaya mengatakan teknis dan material pelaksanaan harus mengacu pada standard SNI, sehat lingkungan, memiliki akses air minum, baik sumur ataupun PDAM.

Imbuh Diany demikian juga Distruktur harus menggunakan besi 10 dan 8 dengan jarak 15 centimeter prioritas kolom.
Berdasarkan cacatan kami sementara ada kuota 20 unit yang direncanakan, dengan harapan tidak ada yang mengundurkan diri kecuali dari hasil verifikasi tidak lolos oleh tim.
Anggaran baru bisa turun dari pemerintah apabila ketersediaan bahan material sudah ada dilokasi rumah yang akan dibangun sekitar 50% dari yang dibutuhkan.
Menyangkut luas bangunan, semua mengacu atau penyesuaian pada ketersediaan swadaya yang ada.

Kapolsek Karangnunggal Kompol H. Asep Ishak S.Ip melalui Bhabinkamtibmas Desa Sarimukti Bripka Nandang pada kesempatan ini menyampaikan bahwa kita perlu mensyukuri apa yang akan diberikan pemerintah untuk bantuan rumah layak huni ini.

kepala Desa Sarimukti Edi dalam sambutannya mengatakan terkait dengan program BSPS, bahwa ini adalah tidak lepas dari sebuah perjuangan usulan pemerintahan Desa untuk warganya, tinggal bagaimana bentuk koordinasi ketika pelaksanaan pekerjaan pembangunan dari awal hingga akhir, masyarakat harus memahami segala proses yang ada.
Lanjut Edi titip agar semua warga masyarakat bisa mengerti dan semoga terlaksana lancar sesuai harapan kita semua, juga yang tidak kalah pentingnya harus tetap kondusif, agar kedepan pemerintah memberi kuota lebih banyak lagi, harapnya.

Adapun pengusaha yang mendukung kelancaran realisasi program tersebut disepakati oleh masyarakat penerima program BSPS yaitu Haji Ayub.
Dalam hal ini bersedia untuk mensupply semua kebutuhan material, sebagaimana yang sudah ditentukan oleh pemerintah, mari kita saling bekerjasama dengan baik agar pembangunan rumah program BSPS ini dapat selesai sesuai jadwal, pungkas haji Ayub.

Pewarta Abucek.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close